RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SDN PRANGGANG 2
Kelas / Semester : 4 /1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaranke : 1
Alokasiwaktu :
1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerimadanmenjalankanajaran agama yang
dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman
di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku
bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara
adat), social ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah
dan masyarakat sekitar.
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah, sekolah dan Masyarakat.
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Seni
Budaya dan Prakarya
3.3 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan
gerak tangan.
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi
rendah nada.
Bahasa
Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
C. INDIKATOR
PPKn
1.
Menjelaskan keberagaman
yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan.
2. Menjelaskan
ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran.
3. Menuliskan
contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia.
IPS
1.
Menjelaskan sikap yang
harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan.
Seni
Budaya dan Prakarya
1.
Menyanyikan lagu “Aku
Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai.
Bahasa
Indonesia
1.
Mengolah informasi dari
teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran.
D. TUJUAN
1.
Setelah mengamati
gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di
Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
2.
Setelah membaca teks
“Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta
pikiran dengan benar.
3.
Setelah mencari
informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan
sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan
dengan benar.
4.
Setelah bernyanyi dan
berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi
anak Indonesia dengan benar.
5.
Setelah bernyanyi dan
berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai.
E. MATERI
1.
Peta budaya (ada di
buku siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”, perbedaan pakaian adat, rumah
adat, tarian adat, dan alat musik tradisional.
2.
Teks “Mengenal Suku
Minang”.
3.
Ciri khas daerah dapat
dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara
adat, dan lain-lain).
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, DiskusidanCeramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
-
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing.
-
Pembacaan Teks
Pancasila.
-
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
-
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
-
Mengajak berdinamika dengan tepuk
kompak dan lagu yang relevan.
-
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam
mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
-
Siswa mengamati peta budaya
perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat music tradisional.
-
Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
-
Guru berkeliling untuk mengetahui
apakah ada siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas.
-
Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok (satu
kelompok terdiri atas 5 siswa).
-
Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya.
-
Siswa membaca teks “Mengenal Suku
Minang”.
-
Siswa mengambil informasi penting
dari teks yang dibacanya dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran.
-
Siswa berpasangan mendiskusikan
jawaban dengan temannya. Guru dan siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut
di depan kelas.
-
Setelah membuat peta pikiran dan
mendiskusikannya, siswa secara individu menjawab pertanyaan yang ada pada
buku siswa.
Untuk
menggiring siswa pada pelajaran selanjutnya, guru secara klasikal mengajukan
pertanyaan berikut:
−− Dari
manakah asal daerah kalian?
−− Apakah
ciri khas daerah asalmu?
Siswa mencari asal-usul daerah
teman-temannya di kelas melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku, agama,
dan ciri khas daerah masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat dari
berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan
lain-lain).
|
150 menit
|
|
||
|
||
|
||
Penutup
|
-
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan
pembelajaran hari ini.
-
Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka
pelajari, kesulitan yang mereka alami,serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari
lebih lanjut.
-
Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan
perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
-
Siswa diberikan kesempatan berbicara
/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
-
Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai
keberagaman budaya bangsa.
-
Siswa mencari informasi lain tentang keberagaman
budaya Indonesia.
-
Siswa dapat bertanya kepada orang tua atau orang di
sekitar, menonton televisi, atau membaca buku.
-
Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
-
Salam dan do’a penutup.
Pengayaan
Siswa
dapat mencari tambahan informasi tentang keberagaman di Indonesia
melaluiinternet, koran, narasumber, atau majalah.
Remedial
Kegiatan
remedial diberikan kepada siswa yang masih memiliki kesulitan dalam memahami
peta
pikiran. Kegiatan ini dapat dilakukan secara kelompok atau individu selama 30
menit.
|
15 menit
|
|
Berikut
langkah-langkah yang dapat dilakukan.
1.
Beri siswa peta pikiran kosong.
2.
Mintalah siswa menuliskan topik
yang akan dibahas di lingkaran tengah.
3.
Bimbing siswa untuk membahas
subtopik di setiap lingkaran dengan mengajukan pertanyaan pengarah.
|
|
G. SUMBER DAN
MEDIA
·
Dirianak,
Lingkungankeluarga, danLingkungansekolah.
·
BukuPedoman
Guru Tema 1Kelas 4danBukuSiswaTema 1Kelas 4 (BukuTematikTerpaduKurikulum 2013,Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan, 2013).
·
BukuPengembanganDiriAnak.
·
SumberMotivasi/InspirasiHidup:
http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·
Video/slide/gambar tentang Keberagaman
Budaya Bangsa Indonesia.
H. PENILAIAN
- ProsedurPenilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format
pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai
dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar
dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
· Pilihan ganda.
· Isian singkat.
· Esai atau uraian.
Mengetahui Sangatta,
24 Juli 2013
Kepala Sekolah, Guru/Wali Kelas 4B,
……………………………… ............................................
NIP. ………………………… NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar